Jumat, 19 Februari 2016

Kebakaran di Ranu Kumbolo

Malang, 17 Agustus 2015
Pukul 6.30 pagi saya berangkat dari rumah teman 5 orang termasuk saya yang dimalang menuju basecamp pendakian gunung Semeru yaitu Ranu Pane. perjalanan dari rumah teman saya menuju basecamp Ranu Pane memakan waktu sekitar 1,5 jam, sesampainya di Ranu Pane kami bergegas menuju tempat peristirahatan yang sudah disediakan disana, dan ternyata di Ranu Pane juga terdapat danau yang cukup bagus.

Danau Ranu Pane

setelah kami beristirahat di basecamp dan sebentar menikmati keindahan Danau Ranu Pane, kemudian kami bersiap-siap mendaftar di Ruang registrasi pendakian. Pukul 10.00 kami berangkat menuju ke danau Ranu Kumbolo. perjalanan ke Ranu Kumbolo cukup jauh, memang jalur dari Basecamp ke Ranu Kumbolo tidak terlalu naik tetapi jalurnya panjang. Pukul 15.30 akhirnya kami sampai juga di Danau Ranu Kumbolo yang katanya Surganya Gunung Semeru. 

Sesampainya di Ranu Kumbolo Kami bergegas mendirikan tenda untuk bermalam di depan Danau Ranu Kumbolo. 

Sunrise Ranu Kumbolo

Pagi-pagi sekali kami bangun untuk melihat sunrise di Ranu Kumbolo, kemudian sarapan dan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak Mahameru. tetapi sebelum kami melanjutkan perjalanan terjadi hal yang mengerikan yaitu keluar asap hitam yang banyak, yang datangnya dari belakang bukit Ranu Kumbolo. ternyata terjadi kebakaran di belakang bukit Ranu Kumbolo, waktu itu semua orang yang berada di Ranu Kumbolo panik. asap hitam pun semakin tebal dan semakin banyak, kemudian saya dan teman-teman saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan karena asal kebakaran bukan dari jalur pendakian, melainkan dari jurang. jadi kami memilih untuk melanjutkan perjalanan menjauh dari kebakaran tsb.

Ranu Kumbolo saat Kebakaran

Ranu Kumbolo saat Kebakaran

Ranu Kumbolo saat Kebakaran

Semoga bermanfaat. Aamiinnn...







  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar